Minggu, 22 April 2018

MEMAHAMI KERJA TIM


(ESSAY)
MEMAHAMI KERJA TIM

            Kita tahu bahwa sebuah di dalam sebuah organisasi khususnya dalam dunia pekerjaan atau prusahaan, tim merupakan suatu hal yang pokok. Dan akan lebih berbahaya jika dalam perusahaan ada salah satu atau beberapa anggota tidak menjadi pemeran dalam tim tersebut. Lalu apakah anda termasuk salah seorang dari pemeran tim itu? Anda akan mengetahui setelah membaca pembahasan yang akan dipaparkan berikut.
            Mengapa memiliki tim menjadi sangat populer? Dalam beberapa dekade terakhir, sejumlah perusahaan milik Amerika misalnya, Volvo, General Foods, dll mereka memperkenalkan tim-tim dalam proses produksinya, akan tetapi hal tersebut menjadi perbincangan karena saat ini tidak seorang pun yang dapat melakukan hal tersebut. Dan lebih dari itu, suatu organisasi yang tidak membentuk tim juga akan menjadi masalah perbincangan tentunya. Lalau apa yang akan dibahas mengenai popularitas sebuah tim di sini? Saat ini kebanyakan organisasi telah merubah persepsi mereka dengan lebih baik untuk dapat bersaing lebih efektif dan efisien, organisasi kini telah membenuk tim-tim sebagai cara yang mereka anggap lebih baik untuk memanfaatkan talenta karyawan yang mereka miliki. Dengan begitu, kinerja organisasi menjadi lebih cepat merakit rencana, menyebarkan, dan lebih fokus. Akan tetapi keterlibatan karyawan sebagai motivator juga sangat penting, sebuah tim memfasilitasi partisipasi karyawan dalam menjalankan keputusan yang sudah diambil.
Selanjutnya kita perlu mengetahui perbedaan antara tim dan kelompok, yang mana definisi dari keduany tidaklah sama
            Kelompok kerja (work group) adalah suatu kelompok yang berinteraksi terutama untuk berbagi informasi dan mengambil keputusan untuk membantu setiap anggota kelompok yang bekerja di dalam area tanggung jawabnya. Sedangkan tim kerja (work team)  yaitu suatu kelompok yang memiliki upaya individu yang menghasilkan kinerja yang lebih besar daripada jumlah input individu tim.
Sebuah tim, dalam perusahaan tentunya juga memiliki peran masing-masing. Ada yang dapat membuat produk, memberikan jasa, mengasosiasikan kesepakatan, mengoordinasikan proyek, menawarkan saran, dan mengambil keputusan. Dalam pembahasan ini ada lima tipe tim yang menggambarkan organisasi, antara lain: tim pemecah masalah, tim kerja yang dikelola sendiri, tim fungsional silang, tim virtual dan sistem multitim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Review Buku Pengetahuan: Ibn Ajurrum wa Afkaruhu fi Ta'limi al Nahwi dan Ringkasan Nahwu Sharaf

REVIEW BUKU PENGETAHUAN Oleh : Ikhwandin   PENDAHULUAN A.     IDENTITAS BUKU Buku Satu Judul buku              ...