(ESSAY)
MEMAHAMI
KERJA TIM
Kita tahu bahwa
sebuah di dalam sebuah organisasi khususnya dalam dunia pekerjaan atau
prusahaan, tim merupakan suatu hal yang pokok. Dan akan lebih berbahaya jika
dalam perusahaan ada salah satu atau beberapa anggota tidak menjadi pemeran
dalam tim tersebut. Lalu apakah anda termasuk salah seorang dari pemeran tim
itu? Anda akan mengetahui setelah membaca pembahasan yang akan dipaparkan
berikut.
Mengapa memiliki
tim menjadi sangat populer? Dalam beberapa dekade terakhir, sejumlah perusahaan
milik Amerika misalnya, Volvo, General Foods, dll mereka memperkenalkan tim-tim
dalam proses produksinya, akan tetapi hal tersebut menjadi perbincangan karena
saat ini tidak seorang pun yang dapat melakukan hal tersebut. Dan lebih dari
itu, suatu organisasi yang tidak membentuk tim juga akan menjadi masalah
perbincangan tentunya. Lalau apa yang akan dibahas mengenai popularitas sebuah
tim di sini? Saat ini kebanyakan organisasi telah merubah persepsi mereka
dengan lebih baik untuk dapat bersaing lebih efektif dan efisien, organisasi
kini telah membenuk tim-tim sebagai cara yang mereka anggap lebih baik untuk
memanfaatkan talenta karyawan yang mereka miliki. Dengan begitu, kinerja
organisasi menjadi lebih cepat merakit rencana, menyebarkan, dan lebih fokus. Akan
tetapi keterlibatan karyawan sebagai motivator juga sangat penting, sebuah tim
memfasilitasi partisipasi karyawan dalam menjalankan keputusan yang sudah
diambil.
Selanjutnya kita
perlu mengetahui perbedaan antara tim dan kelompok, yang mana definisi dari
keduany tidaklah sama
Kelompok kerja (work group) adalah suatu kelompok yang berinteraksi
terutama untuk berbagi informasi dan mengambil keputusan untuk membantu setiap
anggota kelompok yang bekerja di dalam area tanggung jawabnya. Sedangkan tim
kerja (work team) yaitu suatu
kelompok yang memiliki upaya individu yang menghasilkan kinerja yang lebih
besar daripada jumlah input individu tim.
Sebuah tim,
dalam perusahaan tentunya juga memiliki peran masing-masing. Ada yang dapat
membuat produk, memberikan jasa, mengasosiasikan kesepakatan, mengoordinasikan
proyek, menawarkan saran, dan mengambil keputusan. Dalam pembahasan ini ada
lima tipe tim yang menggambarkan organisasi, antara lain: tim pemecah masalah,
tim kerja yang dikelola sendiri, tim fungsional silang, tim virtual dan sistem
multitim.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar